HORTIKULTURA & AGRIBISNIS

MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU
Rubrik : Artikel

HORTIKULTURA & AGRIBISNIS DI MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU

Oleh: D. SUTANTO NOFFRI, S.T.

Guru Geografi dan Pembina Ekstrakurikuler Hortikultura & Agribisnis

MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU
Pengenalan Hortikultura & Agribisnis MA Yastamas Cepu Pada Siswa
Dalam rangka menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa MA Yastamas Cepu, dan adanya keterkaitan antar manusia dengan lingkungannya baik itu litosfer, atmosfer, pedosfer  maupun hidrosfer, maka manusia sebagai faktor biotik, dengan kemampuan dan teknologi yang dimiliki harus mampu melestarikan kehidupan hewan, tumbuhan dan lingkungan fisik di sekitarnya. Dengan cara menjadikan halaman madrasah sebagai lahan budidaya tanaman pangan dan tanaman hias, dalam bentuk Hortikultura & Agribisnis MA Yastamas Cepu.
Pemikiran tentang Hortikultura & Agribisnis MA Yastamas Cepu tidak terlepas  dari perjuangan dan kerjasama antar berbagai pihak. MA Yastamas Cepu yang dipimpin oleh Dra. Hj. Siti Purwandani, sebagai penanggung jawab program. Budi Susanto, B.Sc, selaku pencetus ide, Bapak/Ibu Guru serta seluruh siswa-siswi MA Yastamas Cepu. Perjuangan dan kerja sama tersebut berbuah hasil dengan pemanfaatan lahan tidur halam madrasah menjadi lahan produktif.
Untuk penanaman , bibit diperoleh dari anggaran Madrasah. Selain itu juga dari para guru, TU dan semua siswa MA Yastamas Cepu yang menjadi donatur untuk bibit yang ditanam. Bibit yang ditanam adalah sejenis   tanaman lahan kering seperti tomat, cabe, melon dan lain-lain.
Selain itu juga tanaman hortikultura yaitu jenis tanaman fungi yang dibudidayakan seperti jamur tiram putih dan jamur tiram coklat. Tidak menutup kemungkinan tanaman lainnya seperti adenium, ephorbia, sansivera dan lain-lainnya. Pendampingan pasokan pupuk dan media tanam dibantu dari Toko Alif Cepu. Pendanaan program sebagian ditanggung oleh Madrasah. Sedangkan penanaman bibit dan pemeliharaan dilakukan oleh semua peserta ekstrakurikuler Hortikultura & Agribisnis.
Kebersamaan ini tidak terlepas dari Visi sekolah yaitu, Sekolah Unggul Dalam Imtaq dan Iptek, Berakhlaqul Karimah serta Berguna Bagi Agama dan Masyarakat. Hal ini juga sesuai dengan Visi sekolah untuk membimbing siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, Menanamkan jiwa kewirausahaan, dan Siswa mampu menerapkan ilmu yang diterima di madrasah dalam bermasyarakat dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
Perencanaan Hortikultura & Agribisnis di MA Yastamas Cepu, sesuai dengan tujuan madrasah, yang merupakan hasil acuan dari rumusan visi dan misi sekolah yaitu antara lain:
•    Meningkatkan upaya yang dapat memberikan motivasi siswa agar mau belajar giat dan berdisiplin waktu pada program pembelajaran yang berkualitas.
•    Meningkatkan kemampuan / kualifikasi guru baik dibidang keilmuan maupun dibidang kependidikan sesuai dengan tuntunan program pembelajaran yang berkualitas.
•    Mengupayakan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung Kegiatan Belajar Mengajar dan Hasil Belajar Siswa.
•    Meningkatkan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler unggulan yang sudah berjalan dan mengadakan kegiatan ekstra kurikuler baru yang sesuai dengan potensi dan minat siswa.
•    Meningkatkan pembinaan pada kelompok PIR, IMO, IPHO, ICHO, IBO, Olimpiade Kebumian, Astronomi, Akuntansi, computer dan lain-lain yang mampu bersaing di tingkat Propinsi.
•    Menjalin kerjasama dengan lembaga terkait, masyarakat dan dunia usaha.
•    Mengembangkan kurikulum sesuai tuntutan masyarakat dan lingkungannya.
•    Mewujudkan pembelajaran menyenangkan dalam lingkungan yang asri dan dapat berkomunikasi langsung dengan alam sekitarnya.
Kita sering mendengar dan melihat kekurangan pasokan bahan pangan tertentu ada dimana-mana, selain itu juga sering kita mendengar masyarakat desa yang kekurangan penghasilan dikarenakan tak tahu apa lagi yang dapat dilakukan untuk menambah inkam. Hal tersebut dikarenakan adanya kegagalan panen yang disebabkan oleh metode yang salah terjadi beberapa tahun ini. Dengan adanya program Hortikultura & Agribisnis MA Yastamas Cepu diharapkan dapat mencegah semua itu. Keuntungan dimasa mendatang dengan adanya program ini antara lain:
•    Tumbuh-tumbuhan dapat menyuburkan tanah. Daun-daun yang berguguran, lama-kelamaan membusuk dan menjadi lapisan humus. Akar tanaman dapat mencegah erosi dan bahaya longsor.
•    Tumbuh-tumbuhan menimbulkan udara yang segar, sebab tumbuhan mengambil CO2 dan melepaskan O2 yang diperlukan makhluk hidup untuk bernafas. Hal ini terjadi pada proses fotosintesis. Kita tahu bahwa lingkungan sekolah saat ini amat panas dimusim kemarau, maka dengan adanya program ini diharapkan agar suasananya menjadi rindang dan segar. Dengan udara yang segar maka Kegiatan  Belajar Mengajar di MA Yastamas Cepu akan berjalan dengan nyaman.
•    Lingkungan yang asri, rindang, nyaman dan segar tentu saja tidak hanya manusia yang menyukainya. Berbagai  hewan seperti Jenis burung, kupu-kupu dan lainnya akan berdatangan melengkapi ekosistem yang baru.
•    Tanaman hortikultura juga bisa dinikmati hasil buahnya. Dengan manajemen yang baik akan menghasilkan keuntungan bagi siawa dan sekolah.
MA Yastamas Cepu diharapkan mampu mengemas kondisi potensi geografis di madrasah menjadi media daya dukung proses pembelajaran. Sarana dan prasarana yang ada dioptimalkan sejalan dengan kepedulian pemanfaatan potensi lingkungan. Guru dan siswa harus mampu menciptakan nilai tambah secara terus-menerus dengan menggali potensi lingkungan.
Lingkungan yang asri, rindang, nyaman  dan segar tentu akan menyenangkan bagj kelangsungan kegiatan Belajar Mengajar, baik belajar di dalam kelas maupun diluar kelas. Belajar di kelas, Oke! Di teras, bisa! Di halaman, kebun, atau di taman bunga, Oke! Marilah kita mulai mengenal potensi lingkungan MA Yastamas Cepu agar menjadi salah satu sumber inspirasi dan informasi. . Bagi siswa menguasai dan memahami lingkungan sendiri memudahkan penguasaan atas esensi dan kompleksitas materi pembelajaran. Oleh karena itu, Ayo kita sukseskan program Hortikultura & Agribisnis MA Yastamas Cepu. Ok!…
MADRASAH ALIYAH YASTAMAS CEPU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil MA YASTAMAS Cepu

Pelepasan Siswa-Siswi Tahun 2017/2018